Wednesday, March 9, 2011

Jenis Permainan

JENIS PERMAINAN MENURUT Drs. SLAMET SUYANTO,M.Ed.

a. permainan fisik.permainan seperti kejar – kejaran ,gobag sodor , ci , dan sudah mandah misalnya menggunakan banyak kegiatan fisik anak usia 5 – 7 tahun sering bermain kejar – kejaran , menangkap temannya , dan jatuh bergulingan permainan seperti itu tidak hanya terjadi di Indonesia , tetapi juga diseluruh dunia. Jadi dengan bermain , fisik anak akan tumbuh menjadi sehat dan kuat untuk melakukan garakan dasar.

b. Lagu anak – anak.lagu anak – anak biasanya dilakukan sambil bergerak, menari , atau berpura – pura menjadi sesuatu atau seseorang.berdasarkan ifatnya ada lagu yang harmonis , ada yang mengandung teka – teki , ada pula yang mengandung nilai – nilai yang luhur.unsur lagu yang menarik adalah adanya rhime atau bunyi akhir yang sama.

c. Bermain teka – teki dan berpikir logis mathematic .banyak permainan yang tujuannya mengembangkan kemampuan berpikir logis dan matematis. Salah satu diantaranya adalah lowok , suatu permainan yang menggunakan karet gelang. Dengan permainan ini , anak-anak bermain dengan ganjil dan genap,lebih banyak dan lebih sedikit.begitu pula dengan permainan benthic dan dakon.

d. Bermain dengan benda – benda . permainan dengan obyek seperti air , pasir , dan balok dapat membantu anak mengembangkan berbagai aspek perkembangan.anak – dapat belajar cirri – cirri benda tersebut.misalnya saat bermain air anak dapat mengenalsifat –sifat air.air juga dapat digunakan untuk belajar konservasi volume zat cair dan belajar matematika.balok dapat digunakan untuk membentuk berbagai macam bentuk bangunan , belajar klasifikasi , dan mengembngkan imajinasi.

e. Bermain peran.jenis permainan ini antara lain meliputi sandiwara , drama , bermain peran , dan jenis permainan lain ketika anak memerankan permainan itu.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment