Thursday, November 11, 2010

ASESMEN PERKEMBANGAN KOGNITIF

ASESMEN PERKEMBANGAN KOGNITIF

Bermain bagi anak usia dini merupakan kegiatan yang mengandung karakteristik seperti motivasi intrinsic, memiliki perhatian dan makna,nonliteral,bebas dari aturan dan tekanan dari luar ,aktif dan fleksibel..Bernain merupakan kecenderungan bermain anak merupakan gaya bermain yang fleksibel. Oleh karenanya ,kecenderungan bermainanak dapat dijadiakan sebagai suatu pendekatan untuk meliihat kreatifitas dan fleksibelitas.bermain yang bersifat menantang dan memecahkan masalah bagi anak .bermain bagi anak usia dini merupakan area belajar. Dan butuh waktu bebas untuk bermain dalam rangka mengembangkan multi potensi yang dimilikinya.multi potensi yang dimiliki anak agar dapat dilihat dfan diases tingkat kenajuannya melalui bermain harus memiliki elemen filosofi pengembangan yang terkandung di dalamnya..dengan memperhatikan elemen bermain sebagai area belajar bagi anak usia dini,laka proses asesmen yang dilakukan harus memperhatiakn berbagai macam instrument yang digunakan secara tepat.Hal ini sangat pentinguntuk melihat tingkat perkenbangan anak usia dini secara keseluruhan ,medkipundalam menilai tingkat kemajuan itu tentunya dapat dilakukan secara bagian perbagian dalam kontek holistic.

Asesmen yang dilakukan pada anak usia dini difokuskan pada tiga wilayah yaitu perkembangan bahasa,kognitif-logika, dan motorik.oleh karenanya,indicator dari tiga wilayah tersebut menjadi penting untuk diderkripsikan terlebih dahulu sebelum instrument itu digunakan dan dikembangkan. Selain core pengembangan yang menjadi focus,juga asesmen dalam disertai diarahkan untuk menilai model bermain yang dikembangkan yaitu MBBs,MBBm, dan MBBSa untuk melatih konsenterasi anak .

Permainan untuk mengembangkan kognitif logika bagi anak usia dini berhasil bila dilakukan asesmen dan sesuai dengan matrik perkembangan .dengan demikian ,asesmen yang dilakukan dalam melihat tingkat perkembangan kemanpuan kognitif logika anak usia dini bukan pada sasaran prestasinya,melainkan pada tingkatperkembangna dan kemampuannya yang biasanya berkaitan dengan perasaan yang bersifat verbal dan nonverbal.hal ini terjadi memamui belajar untuk mengasosiasikandan memahami menggambarkan,menganalisis dan menyimpulkan suatu makna dengan komulikasi secara verbal dengan cara melihat dan memilih suatu obyek. Asesmen kognitif-logika ini dapat dilakukan melalui aktifitas bermain sebagai gambaran dalam memilih dan menggunakan berbagai peralatan bermain yang disediakan ,dikembangkan dan disuguhkan kepada nereka.model bermain tersebut dilakukan dengan melinatkan pendengaran, penglihatan, pikiran dan perbuatan.

Model bermain perkembangan kognitif-logika dan indikatornya bagi anak TK

Model bermain

Kompetensi kognitif - logika

Indikator kompetensi

MBBs

MBBm

MBBSa

Anak peka terhadap perbedaan bentuk dan ukuran

Anak terlibat aktif bermain ,dapat memilih bentuk geometri yang berbeda,dapatmenunjukan benda yang memiliki bentuk deometri.

Anak suka membuat pola logis

Amak terlibat bermain ,menyusun balok berdasarkan pola tertentu.

Anak senang bermain dengan angka dan ukurannya.

Anak aktif bermain dapat mengurutkan angka 0-9 dapat mengurutkan ukuran ari kecil kebrsae.

Anak senang berhitung dan mengelompokanya

Anak terlibat aktif bermain,dapat benda yang ditunjuk dapat menghitung langklahnya sendiri,dapat mengelompokkan ukuran benda tertentu.

Anak peka terhadap ukuran panjang,pendek besar, kecil dan senang membandingkan benda sejenis disekitarnya.

anak terlibat bermain dapat menentukan benda yang paling besar diantara benda-benda sejenis dapat berbaris urut sesuai dengan ukuran badan mereka.

Anak suka mengklasifikasi benda berdasarkan bentuk dan peka terhadap bentuk geometri

Anak terlibat aktif bermain dapat membentuk lingkaran berdasarkan bnetuk geometri yang dibawa ,dapat menunjukan benda-benda yang memiliki bentuk geometri

Anak suka terhadap suatu benda dan suka berekperimen dan menbuat estimasi

Anak terlibat aktif bermain ,lnunjukan benda-benda yang melekat pada magnit, antusias melekatkan benda-benda disekelilingnya dengan magnit.

Anak senag menimbang dan mengukur benda-benda disekitarnya.

Anak aktif bermain ,dapat meninbang benda-benda ,membaca angka dengan alat penimbang,daoat mengkurpanjang benda ,tertarik membaca angka dengan alat pengukur

Anak senang dan suka membuat pola

Anak menikmati pernainan,dapat membangun geometri sesuai pola,dapat membentuk pola gambar sesuai contoh ,berkreasi buat pola.

Intrumen asesmen berguna untuk mengungkap timgkat perkembangan kmampuan anak secara valid dan alami .dalam kaitanya dengan pelaksanaan asesmen untuk anak usia dini terdapat beberapa tehnik yang dapat digunakan .misalnya observasi dan pengamatan ,catatan ankdotal,checklist,portopolio dan penilaian autentik.asesemen danak usia dini dikaitkan dengan kecerdasan jamak.

No

Pengembangan

Asesmen Kinerja

keterangan

Kegiatan

Asesmen

1

2

3

4

5

1

kognitif

Mencampur warna

Asesmen kemampuan kognitif

Lima tahapan dalam perkembangan kognitif

1) Penilaian kurang sekali

Catatan :anak tidak bisa menyusun kembali bentuk-bentuk geometri

2) Penilaian kurang

Anak dapat menyusun kembali dua benda bentuk geometri

3) Penilaian cukup

Anak dapat menyusun kembali 5 buah bentuk geometri

4) Penilaian baik

Anak dapat menyusun seluruh benda bentuk geometri

5) Penilaian baik sekali

Anak dapat menyusun seruluh benda bentuk geometri dengan cepat.

DAFTAR PUSTAKA

Rosyid, Harun,dkk. 2009. Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini.Yogyakarta: Multi Presindo.

Yuliani, Nurani Sujono,dkk. 2007. Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment